• LATAR BELAKANG

              RSUD Tidar Kota Magelang merupakan Satuan Kerja di lingkungan Pemerintahan Daerah Kota Magelang, yang memiliki tugas pokok melaksanakan upaya kesehatan secara berdaya guna dengan mengutamakan upaya promotif, preventif, penyembuhan dan pemulihan yang dilaksanakan secara serasi, terpadu dengan upaya peningkatan dan pencegahan serta melaksanakan upaya rujukan.

              RSUD Tidar Kota Magelang mempunyai letak di wilayah pegunungan yang mempunyai tingkat lalu lintas tinggi, dan berada dibatas kota yang padat penduduk, posisi tersebut memiliki aksesibiliti yang sangat mudah dijangkau dari seluruh wilayah Kota Magelang dengan berbagai transportasi yang tersedia, sehingga tingkat hunian rawat inap rumah sakit cukup tinggi. Peluang untuk melakukan inovasi dan kreativitas dengan mengembangkan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat masih terbuka lebar dengan mengembangkan layanan produk unggulan.

              RSUD Tidar Kota Magelang sebagai salah satu sarana layanan kesehatan mempunyai tanggung jawab terhadap peningkatan pengetahuan pasien dan keluarga melalui pendidikan kesehatan yang berkesinambungan antar disiplin ilmu sesuai dengan kebutuhan pasien, Rumah sakit juga mengembangkan atau memasukkan pendidikan ke dalam proses asuhan berbasis misi, jenis pelayanan yang diberikan dan populasi pasien sehingga mereka mendapat pengetahuan dan ketrampilan untuk menunjang partisipasi dalam proses dan pengambilan keputusan dalam proses pelayanan. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui kegiatan PKRS.

            Dalam rangka memberikan acuan yang lebih terinci bagi Petugas Kesehatan maka disusunlah Pedoman Pelayanan PKRS dalam pendidikan pasien dan keluarga di Rumah sakit agar tersedia mekanisme atau struktur pendidikan yang memadai dan sumber daya pendidikan diorganisasikan secara efektif di seluruh rumah sakit yang mengacu Peraturan Menteri Kesehatan No 44 tahun 2018 dan Undang – Undang No 44 tahun 2009 tentang Rumah sakit.

  • TUJUAN PEDOMAN
  1. Tujuan Umum :
  • Meningkatkan  kegiatan  pendidikan  pasien  dan  keluarga melalui Instalasi PKRS demi mewujudkan pelayanan kesehatan masyarakat yang komprehensif dan pelayanan kesehatan paripurna.
  1. Tujuan Khusus :
  1.  Terlaksananya assesmen dan perencanan kebutuhan pendidikan edukasi kepada keluarga selama dalam perawatan di RSUD Tidar Kota Magelang
  2. Mewujudkan rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat memberikan informasi dan edukasi kepada keluarga pasien agar mampu mendampingi pasien dalam proses penyembuhan dan mencegah pasien tidak mengalami sakit berulang, menjaga dan meningkatkan kesehatannya, serta menjadi agen perubahan dalam hal kesehatan.
  3. Mewujudkan rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang memberikan informasi dan edukasi kepada pengunjung rumah sakit agar mampu mencegah penularan penyakit dan berperilaku hidup sehat.
  4. Mewujudkan rumah sakit sebagai tempat kerja yang sehat dan aman untuk SDM rumah sakit.
  5. Terlaksananya kegiatan PKRS di RSUD Tidar Kota Magelang melalui Instalasi PKRS.
  6. Tersediannya acuan mengenai pelayanan kesehatan masyarakat di RSUD Tidar Kota Magelang
  • PROGRAM KERJA
    • Review dan Revisi Pedoman Komunikasi Efektif
    • Pelaksanaan program penyuluhan di masa pandemi covid 19
    • Mengkoordinasikan pelaksanaan pendidikan pasien keluarga
    • Menyediakan sarana dan prasarana PKRS (Leaflet, TV promosi dan edukasi, Poster/akrilik, Stiker Edukasi, Media Sosial ; Instagram, Youtube dan Web Rumah Sakit)
    • Pelatihan pengembangan SDM (Komunikasi Efektif / Service Excellent)
    • Pelayanan Program Nasional (Program Homecare, Temu Lansia, Penyuluhan di Poliklinik dan Ruang Rawat Inap dengan tema sesuai Program Nasional
    • RS tanpa dinding  Pembinaan Faskes Tingkat 1