Sabtu, 27 Juni 2020 –  Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) RSUD Tidar bersama dengan Inovator Kota Magelang, sebagai tindak lanjut dalam audiensi Inovasi Preventif dan Pentahapan New Normal, melaksanakan survey Pentahapan New Normal di Gedung Anggrek RSUD Tidar. Lokasi Survey 7 (tujuh) lantai gedung Anggrek khususnya pada fasilitas cuci tangan yang ada. Fasilitas cuci tangan ini direncanakan menggunakan model otomatis berbasis sensorik yang meminimalisasi sentuhan tangan.

Pelayanan kesehatan di Gedung Anggrek ini menjadi pentahapan pertama New Normal karena mobilisasi masyarakat dalam mengakses kesehatan secara umum dilakukan di Gedung Anggrek ini, sehingga diprioritaskan untuk pentahapan New Normal. Survey dilakukan pada titik-titik akses cuci tangan yang ada, kemudian nantinya akan dibahas secara internal bagaimana intervensi yang perlu dilakukan. Intervensi inovasi dibutuhkan dalam fasilitas ini, namun perlu memperhatikan model, desain, fungsi, pembiayaan dan manfaatnya apakah sesuai dengan kebutuhan New Normal.

Tim PPI memberikan arahan titik-titik yang dibutuhkan dalam rangka pentahapan New Normal pada setiap lantai di Gedung Anggrek ini, “setiap lantai memiliki kuantitas yang berbeda karena peruntukannya berbeda-beda, namun kualitas yang dibutuhkan tetap sama antara lantai satu dan lainnya”, komentar salah satu Tim PPI.” Disamping fasilitas cuci tangan, dibutuhkan pula hand sanitizer yang otomatis karena intensitas paling tinggi terdapat pada hand sanitizer tersebut”, lanjut tim PPI.

Hand sanitizer yang ada saat ini memang masih manual, sehingga pasti selalu ada kontak tangan ketika dipergunakan, namun direncanakan dengan inovasi yang telah disiapkan dapat meniadakan kontak tangan pada hand sanitizer itu. “Hand sanitizer Otomatis sudah siap diimplementasikan karena telah melalui serangkaian uji, sudah digunakan di beberapa tempat di luar Kota Magelang, bahkan volume dan daya semprotnya pun sudah terukur”, komentar Tri, inovator yang ikut survey.

Setelah dilakukan survey, bagian dari pantahapan new normal akan dilakukan perencanaan oleh inovator terhadap kebutuhan titik-titik yang direncanakan akan dipasang, design yang memberikan identitas RSUD Tidar yang berhubungan dengan New Normal dan pembahasan bersama dengan Internal RSUD Tidar dan Tim PPI.***