Kamis, 25 Juni 2020 bertempat di ruang rapat Diklat RSUD Tidar Kota Magelang, dilakukan pertemuan dengan agenda pertemuan Persiapan Pentahapan Gedung Anggrek era New Normal. Pertemuan dipimpin langsung oleh Plt. Direktur RSUD Tidar Kota Magelang, Septi Milna Soelistiyani, SKM yang dihadiri para pejabat struktural dan Komite PPI RSUD Tidar Kota Magelang.

Inovasi milik warga Kota Magelang yang dipaparkan dalam pertemuan ini fokus pada Hand Wash dan Hand Wraps yang meminimalisir bahkan meniadakan kontak dengan fasilitas keduanya. Paparan dilakukan oleh Andjar Prasetyo, SE, MSi (Peneliti dari Balitbang Kota Magelang), Patra Agung Wirayudha (Inovator Kota Magelang) dan Salamun Tri Widadi (Inovator Kota Magelang).

Untuk Hand Wash, inovasi yang disampaikan berupa Automatic Wastafel Portable (AWP). AWP adalah perangkat cuci tangan dengan instalasi terdiri dari kerangka, smart box dengan sensor yang telah diprogram menggunakan Arduino, sabun dalam botol ukuran satu liter dan air dalam tempat air yang berukuran 18 liter berkapasitas terukur efisien dan efektif bersifat portable yang digunakan untuk Handrub dan handwash secara otomatis, praktis, tidak menyentuh perangkat apapun yang terpasang dalam AWP.

Terdapat tiga Tingkat inovasi dalam AWP ini, pertama terdapat pada perangkat smart box untuk menggerakan perangkat lain yang terintegrasi dalam proses Handrub dan handwash bagi penggunanya. Proses dilakukan secara otomatis selama 20 detik. Waktu selama 20 detik merupakan standard yang dikeluarkan WHO. Kedua, terdapat pada akurasi sabun cair yang disemprotkan sprayer sebanyak 2 ml dan air yang mengalir melalui kran otomatis sebanyak 300 ml adalah ukuran yang ideal untuk cuci tangan. Ketiga, integrasi perangkat yang terpasang pada AWP, yang terdiri dari Sensor yang disetting pada smart box, Tabung Sabun dan Tabung Air.

Plt. Direktur menyambut dan mengapresiasi inovasi AWP ini karena di era New Normal diperlukan inovasi yang dapat benar-benar mampu memberikan perlindungan sesuai dengan protokol kesehatan.”Tahap awal ini gedung Anggrek yang akan dipersiapkan sebagai sarana kesehatan dengan menggunakan inovasi AWP, namun dilakukan penyesuaian terhadap fasilitas yang telah tersedia saat ini, di samping itu pada fasilitas yang akses mobilisasinya tinggi”, lanjut Plt. Direktur saat melakukan uji produk AWP di parkir Gedung Anggrek.

Sementara itu Tri dan Patra (Inovator AWP), menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan terhadap inovasi yang selama ini telah digunakan di beberapa tempat di luar Kota Magelang. “Kami akan segera melakukan identifikasi awal terhadap fasilitas yang akan disesuaikan menggunakan inovasi ini, karena pada dasarnya inovasi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan apabila sudah terdapat fasilitas cuci tangan yang manual.

Harapan Plt. Direktur, RSUD Tidar Kota Magelang mampu menjadi rumah sakit yang memiliki fasilitas  New Normal dengan mengimplementasikan inovasi asli warga Kota Magelang, sesuai dengan protokol kesehatan sehingga mampu memberikan pelayanan yang aman, nyaman dan memuaskan.***